• Physio Medical Clinic

Peran Fisioterapi Pasca Operasi

Updated: Jul 7

Pembedahan kadang memang diperlukan pada beberapa kondisi kesehatan. Pembedahan secara umum adalah langkah terakhir pada setiap masalah dan hanya dilakukan ketika cara konservatif seperti fisioterapi gagal menangani masalah atau tidak dapat memberikan hasil yang diharapkan.

Kemudian bagaimana peran fisioterapi pada fase sebelum dan setelah tindakan operasi atau pembedahan?


Sebelum Pembedahan

Sebelum pembedahan sendi elektif (yang direncanakan), fisioterapi dapat membantu membentuk otot di sekitar sendi, yang dapat membantu penyembuhan.


Setelah Pembedahan

Fisioterapi dapat membantu Anda bergerak setelah menjalani pembedahan. Pada tahap lanjut, fisioterapi dapat membantu Anda dengan program latihan rehabilitasi yang sesuai yang akan membantu Anda mengembalikan gerak dan kekuatan.


Penanganan fisioterapi pasca operasi fokus pada:

  • Pengembalian mobilitas yang optimal (lingkup gerak sendi/range of motion)

  • Meningkatkan kekuatan otot yang mengalami penurunan setelah pembedahan

  • Mengajarkan cara mobilisasi dan transfer

  • Re-edukasi otot setelah tindakan pembedahan

  • Memelihara kekuatan otot pada sisi yang tidak dilakukan pembedahan

  • Memelihara fleksibilitas otot


Semoga artikel ini dapat membantu pengertian anda tentang fungsi fisioterapi sebelum dan sesudah operasi. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi cedera dan keluhan yang dialami.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

http://performaxphysicaltherapyandwellness.com/wp-content/uploads/2016/04/pre-post-op.jpg

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC