• Physio Medical Clinic

Lutut Anda Sakit Karena Lari? Anda Mungkin Terkena Iliotibial Band Syndrome

Iliotibial Band Syndrome (ITBS) adalah salah satu jenis cedera yang paling sering terjadi pada pelari. ITBS terjadi ketika jaringan ikat iliotibial atau IT Band yang terdapat di sepanjang bagian luar paha mulai dari pinggul sampai tulang kering, menjadi tegang dan meradang.


IT band menempel pada lutut dan membantu stabilisasi serta gerak dari sendi lutut tersebut. Ketika IT Band tidak terkativasi secara optimal, pergerakan lutut (termasuk pada gerakan lari) menimbulkan rasa sakit. Apabila keluhan ini dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah atau cedera lain pada lutut seperti meniscus injury, patellofemoral pain syndrome dan sebagainya.


ITBS sering dialami oleh pelari jarak jauh dan seringkali berhubungan dengan teknik berlari yang salah, pemilihan sepatu yang salah, serta otot-otot lemah (kurang teraktivasi dengan baik) dan kurangnya fleksibilitas. Gejala yang pertama kali timbul adalah rasa nyeri di daerah samping luar lutut terutama saat berjalan menuruni tangga. Olahraga lari akan membuat gejala semakin parah terutama saat berlari di permukaan atau medan lari yang menurun. Gejala lain yang mungkin timbul adalah pembengkakan atau penebalan pada ITB atau rasa kencang di sepanjang paha bagian samping luar. Selain itu juga mungkin timbul rasa nyeri pada lutut saat diluruskan atau ditekuk.


Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman Anda tentang sakit lutut ITBS. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi keluhan yang dialami.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

https://www.runningvibes.be/lopersknie

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC