• Physio Medical Clinic

Anda Mengalami Gangguan Pernapasan? Sembuhkan Dengan Nebulizer

Nebulizer merupakan modalitas atau alat yang digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan. Manfaat dari penggunaan nebulizer adalah :


1. Mengobati batuk dan pilek

Batuk adalah reaksi sistem pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, debu, atau asap sehingga umumnya batuk bisa sembuh dengan sendirinya. Namun batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Jika batuk tidak kunjung sembuh anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan obat yang tepat. Agar obat semakin efektif dan terserap dengan baik dapat digunakan alat bantu nebulizer. Batuk pilek juga merupakan penyakit yang umum diderita baik anak-anak maupun dewasa. Gejalanya bisa dilihat dari keluarnya ingus dari hidung, batuk, hidung tersumbat, bersin, suara serak, dan tidak enak badan. Pilek sendiri disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Dengan menggunakan nebulizer pilek dapat disembuhkan secara efektif dan lebih cepat karena obat menyasar langsung ke daerah yang terkena penyakit.


2. Membantu mengeluarkan dahak

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak biasanya belum pandai mengeluarkan dahak sehingga masa penyembuhan batuknya lebih lama. Padahal dahak harus dikeluarkan untuk melancarkan pernapasan sehingga batuk lebih cepat sembuh. Oleh karena itu dianjurkan menggunakan nebulizer yang dimasukkan obat bronkodilator untuk melebarkan otot pada saluran pernapasan dan ekspektoran untuk mengencerkan dahak.


3. Mengobati penyumbatan saluran napas

Nebulizer dapat membantu menghilangkan dan membuang benda-benda penghambat kelancaran saluran pernapasan seperti dahak sehingga pernapasan menjadi lancar kembali.


4. Mengobati gejala sinusitis

Manfaat nebulizer lainnya adalah untuk mengurangi gejala sinusitis yang menyerang dinding sinus. Gejala-gejala sinusitis seperti hidung tersumbat, demam, sakit kepala, dan napas berbau dapat diringankan dengan melakukan terapi uap menggunakan nebulizer.


5. Terapi terhadap penderita Asma

Asma merupakan penyakit kronis yang bersifat kambuhan jika terpicu oleh hal-hal tertentu seperti asap rokok, bulu binatang, debu, udara dingin, atau aktivitas fisik yang berlebihan. Untuk itu penting bagi penderita asma untuk mengetahui dan menghindari faktor pemicunya. Terapi uap menggunakan nebulizer sangat dianjurkan bagi penderita asma disamping penggunaan inhaler pereda asma.


Semoga artikel ini dapat membantu pengertian anda tentang fungsi nebulizer. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi gangguan pernapasan yang dialami.


Sumber foto:

http://www.websuckhoe.vn/family/print/1593/%7BCONF.rooturl%7Dmain.html

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC