• Physio Medical Clinic

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang disenangi banyak orang di seluruh dunia. Dari olahraga, banyak hal positif dan manfaat yang dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan sesuai dengan porsinya. Kegiatan olahraga sangat membantu meningkatkan kekuatan dari setiap otot dan meningkatkan fungsional organ yang ada di tubuh kita. Melalui wacana ini, akan diulas beberapa manfaat olahraga yang mungkin harus Anda ketahui agar Anda selalu memiliki semangat untuk menjalan pola hidup yang sehat.


Berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan yang kita peroleh dengan melakukan olahraga:


1. Meningkatkan kesehatan dan fungsi dari kardiovaskular

Saat kita melakukan olahraga, jantung akan memompa darah lebih banyak di dalam tubuh kita. Tidak hanya itu, tetapi saat berolahragapun kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih stabil. Hal itu menyebabkan frekuansi pernafasan dimana keluar masuknya oksigen dan karbondioksida di dalam tubuh menjadi lebih baik dan lancar.


2. Diabetes Control

Aktivitas olahraga yang dilakukan mampu menghasilkan hormone insulin yang lebih baik di dalam tubuh, sehingga menurunkan resiko terjadinya Tipe 2 Diabetes.


3. Weight Management

Banyaknya gerakan saat aktivitas olahraga mampu membakar sejumlah kalori di dalam tubuh. Pembakaran kalori yang terjadi akan membantu menurunkan berat badan berlebih pada tubuh kita.


4. Mencegah hipertensi

Aktivitas olahraga jelas mampu meningkatkan fungsi dari kardiovaskular seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hal ini membuat tekanan darah pun menjadi lebih stabil sehingga menurunkan resiko terjadinya hipertensi.


5. Menstabilkan serta mengontrol kolesterol

Beberapa jurnal dan riset menunjukan bahwa tingkat kolesterol dari seorang atlet jauh lebih terkontrol. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas olahraga membantu menstabilkan serta mengontrol tingkat kolesterol seseorang.


6. Meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi peredaran darah

Setiap pergerakan yang terjadi selama aktivitas olahraga menstimulus peredaran darah yang lancar yang berkaitan dengan meningkatnya fungsi kardiovaskular. Aktivitas fisik yang dilakukan pun tidak hanya memperlancar sirkulasi peredaran darah, namun juga meningkatkan kadar hemoglobin dan volume darah.


7. Meningkatkan immunitas tubuh

Seseorang yang rutin melakukan aktivitas olahraga memiliki imun yang baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga mampu menguraikan racun yang terdapat di dalam tubuh kita. Tidak hanya itu, aktivitas olahraga mampu meningkatkan temperature tubuh kita sehingga pertumbuhan bakteri yang ada di dalam tubuh dapat terhambat.


8. Muscle toning

Aktivitas olahraga tentunya membantu meningkatkan volume otot. Gerakan olahraga yang sudah disesuaikan dengan aturannya seperti jumlah repetisi, set, serta rest interval akan menghasilkan volume otot yang baik.


9. Meningkatkan kekuatan tulang

Aktivitas olahraga tidak hanya meningkatkan kekuatan otot namun juga kekuatan tulang. Tulang yang kuat ditandai dengan meningkatnya densitas tulang. Densitas tulang yang baik dapat menurunkan resiko terjadinya osteoporosis.


Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan keinginan Anda untuk berolahraga secara rutin. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

http://jimhill.minot.k12.nd.us/sports-114d2c3c


PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC