• Physio Medical Clinic

Waspada Kekakuan Sendi Setelah Terjadinya Cedera dan Cara Mengatasinya

Updated: Jul 7

Cedera memang sesuatu hal yang paling tidak bisa dihindari. Tetapi, ada begitu banyak cara untuk bisa meminimalisasi terjadinya suatu cedera. Dalam pembahasan ini, akan dijelaskan beberapa tips untuk mencegah terjadinya kekakuan sendi setelah terjadinya cedera.


Pada saat terjadinya cedera, sangat ada kemungkinan terjadinya inflamasi atau peradangan pada lokasi tersebut. Sendi atau otot yang baru saja mengalami cedera sangat dianjurkan untuk diistirahatkan. Hal ini dimaksudkan untuk menurunkan gejala radang dan inflamasi yang dialami. Istirahatkan sendi tersebut sampai dengan empat hari dihitung dari terjadinya cedera tersebut. Kemudian setelah empat hari, mulailah untuk melakukan stretching ringan dan latihan yang sederhana. Hal ini bertujuan agar sendi nantinya siap untuk digerakan kembali dan mencegah kekakuan. Hal yang terpenting adalah untuk tidak mengistirahatkan sendi terlalu lama apalagi melebihi satu minggu atau bahkan satu bulan.


Tetaplah berhati-hati selama melakukan aktifitas fisik terutama gerakan yang memicu terjadinya nyeri pada bagian tersebut. Sebaiknya tetap melakukan kompres es (kompres dingin) sampai dengan 14 hari dihitung dari hari pertama terjadinya cedera. Lakukanlah kompres dingin setelah melakukan stretching dan melakukan beberapa latihan pada persendian tersebut.


Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi sendi kaku anda. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi cedera dan keluhan yang dialami.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

http://pic.cerpen.co.id/bloguploads/20180103/1514978806637339.jpg

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC