• Physio Medical Clinic

Cara Mudah Melatih Otot Punggung di Rumah Tanpa Alat

Banyak sekali orang yang memiliki keluhan pada tulang belakang (nyeri pinggang bawah ataupun nyeri pada punggung). Ada beberapa back exercise dengan gerakan yang mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah secara rutin untuk mengurangi keluhan Anda.


Mengapa melakukan latihan ini penting? Perlu diketahui bahwa latihan ini tidak hanya membantu menguatkan otot punggung dan otot pada pinggang Anda, tetapi juga menjaga kelenturan atau fleksibilitas dari otot tersebut. Keluhan pada pinggang dan punggung yang dialami, disebabkan oleh beberapa aktivitas yang Anda lakukan. Bagi Anda yang merupakan pekerja kantor, kemungkinan aktivitas Anda banyak dilakukan dalam posisi duduk dalam waktu yang lama. Hal itu menyebabkan timbulnya kekakuan pada otot punggung atau pinggang Anda, sehingga timbulah rasa nyeri dan tidak nyaman begitu digerakan. Tidak hanya hal tersebut, bisa jadi keluhan Anda timbul akibat dari suatu gerakan yang berlebihan saat melakukan beberapa aktivitas seperti saat berolahraga atau aktivitas fisik lain sehari-hari.


Berikut adalah 6 gerakan yang Anda dapat lakukan untuk melatih otot punggung dan pinggang Anda:

Latihan ini dapat dilakukan sehari sekali dalam jangka waktu 3 kali dalam seminggu. Lakukanlah secara rutin dan tetap jaga pola pernafasan dengan baik saat melakukan gerakan berikut. Hal ini dapat membantu meringankan dan menghilangkan keluhan Anda secara perlahan.


Semoga artikel ini dapat membantu proses penguatan otot punggung dan pinggang Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi cedera dan keluhan yang dialami.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

https://cdn-media-1.lifehack.org/wp-content/files/2016/08/03065845/Screen-Shot-2016-08-03-at-6.58.03-PM.png

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC