• Physio Medical Clinic

Apa itu Spondylolisthesis? Apa Penyebabnya?

Updated: Jul 7


Spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana satu atau beberapa ruas tulang belakang (vertebra) bergeser ke depan dari tulang di bawahnya atau di atasnya.


Umumnya pergeseran ruas tulang belakang ini terjadi pada lumbar yaitu pada L4-L5 (vertebra Lumbal 4-5) dan atau L3-L4 (vertebra Lumbal 3-4). Namun pada vertebra lain pun, pergeseran ruas tulang belakang ini dapat pula terjadi.


Pergeseran ruas tulang belakang dapat terjadi pada dua tingkat atau bahkan tiga tingkat secara bersamaan. Tidak menutup kemungkinan, pergeseran ruas tulang belakang terjadi pada daerah leher atau cervical, yang umumnya didahului adanya kelainan pada sendi facet berupa arthritis.


Penyebab Spondylolisthesis


Setiap tingkat tulang belakang terdiri dari deretan tulang-tulang (vertebra) yang dipisahkan oleh bantalan empuk dan lembut (discus intervertebra). Deretan tulang belakang distabilkan posisinya oleh sendi facet yang juga berfungsi menahan gerakan dari tulang belakang secara berlebihan. Hal ini yang memungkinkan tulang belakang menekuk ke depan (fleksi) dan belakang (ekstensi) tetapi tidak memungkinkan untuk melakukan banyak gerakan rotasi (memutar/berputar).


Akibat proses penuaan umum akan timbul keausan dan menyebabkan perubahan di tulang belakang (vertebra) dan diskus intervertebralis. Diskus kehilangan elastisitas menjadi kaku, dan mulai timbul tonjolan pada tulang vertebra, yang merupakan proses awal degenerasi. Tulang, sendi, dan ligamen di tulang belakang menjadi lemah dan kurang mampu menahan tulang belakang sejajar, sendi facet, menjadi tidak kompeten dan ketika terlalu banyak fleksi, memungkinkan ruas-ruas tulang belakang meluncur/melesak keluar dari posisi sebenarnya atau mengalami pergeseran.


Penyebab lain pergeseran ruas tulang belakang karena adanya trauma langsung pada tulang belakang yang mengakibatkan fraktur atau akibat adanya masa tumor yang menyebabkan pendesakan pada struktur tulang vertebra, sehingga kehilangan kemampuannya dalam menjaga stabilitas dan posisi ruas-ruas tulang yang ada.


Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman Anda tentang Spondylolisthesis. Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami agar kami dapat membantu anda mengatasi keluhan yang dialami.


Author: Kartika K. Soegengwibowo

Kartika Kanastari Soegengwibowo adalah fisioterapis olahraga lulusan Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi yang melanjutkan pendidikannya di universitas swasta di Jakarta dengan jurusan yang sama, namun fokus pada penanganan cedera olahraga. Sejak duduk di bangku SMP sudah menyukai kegiatan menulis terutama menulis essay. Hingga saat ini selain bekerja sebagai seorang fisioterapis olahraga, kegemarannya dalam menulis tetap tersalurkan dengan banyak membuat tulisan dan artikel-artikel kesehatan.


Sumber foto:

http://sudeepjain1.blogspot.co.id/2016/04/understanding-spinal-problem-called.html

PHYSIO MEDICAL CLINIC

(021) 724 5557

Jl. Sungai Sambas 3 no. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12130, Indonesia

©2020 BY PHYSIO MEDICAL CLINIC